oleh

Mengangkat Gram Pada Bola Mata

-Safety, Tips-7520 Dilihat

Bengkel Bangun – Mata adalah jendela untuk melihat dunia, tapi bagaimana jika ada sesuatu yang mengganjal di bola mata ?? Pastinya akan sakit dan mengganggu penglihatan. Dalam pekerjaan teknik kasar seperti Bengkel Bangun mata akan terkena benda asing sangatlah besar kemungkinannya seperti terkena serpihan pada waktu menggerinda, percikan las dan lain sebagainya.

Kita ambil contoh jika mata terkena percikan batu gerinda pada pekerjaan sedang  menggerinda, karena percikan tersebut sangat panas dan mempunyai tekanan lempar yang kuat dapat dipastikan serpihan akan gerinda menancap di bola mata dengan kuat, jika sudah demikian diperlukan bantuan dokter untuk mengangkat serpihan sisa gerinda tersebut dan dana yang harus dipersiapkan juga lumayan sekitar 300 – 400 rb.

Dan untuk yang mengalami hal demikian Bengkel Bangun mempunyai tips tersendiri bgaimana cara mengangkat serpihan gerinda tanpa perlu membawa ke dokterdan dijamin tanpa membuang biaya yang begitu besar.

Langkah-langkah yang harus dilakukan sbb:

Peralatan

  1. Jarum steril (bisa dengan jarum suntik yang masih disegel)
  2. Bius mata (hub Admin)
  3. Obat luka (bisa cari di apotik)
  4. Cermin
  5. Senter kecil
  6. Jika diperlukan seorang teman ada baiknya yang seprofesi karena akan lebih tahu.

Proses Operasi

  1. Teteskan bius mata, 2 tetes tunggu beberapa saat
  2. Pasang cermin untuk melihat bagian mana yang ada serpihannya jika sendirian jika dengan teman lebih mudah
  3. Usap serpihan gerinda dengan ujung jarum, hati-hati melakukannya dan jangan di cungkilkan dengan ujung jarumnya tapi dusapkan ke serpihannya untuk melepaskan dari bola mata. Jika kurang terang pasang senter untuk memperjelas.
  4. Operasi kecil telah selesai dilakukan tinggal memberi obat luka pada bola mata yang terkena serpihan tersebut.

Semoga tips tersebut dapat membantu dan berguna bagi pekerja kasar seperti tersebut di atas. [Goes-bb]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

39 komentar

  1. nama obat biusnya apa pak? soalnya saya udah 3 hari percikan gurinda nancap di bola mata saya…… tolong segera di beri tau dan di mana bisa di dapat' karna di apotik tidak menjual. mohon segera
    terima ksih pak

  2. sudah 3hari percikan tersebut nancep di mata saya, tepat di bola mata hitam. minyak angin sudah di oleskan, minum obat ampicillin pun sudah. tapi gak ad perubahan.
    apa bener ngangkat percikan tersebut sama dokter cuman 400rb an, kalo memang segitu nanti saya coba. make jarum suntik ma ngeri gan, kena tangan aja sakit apa lagi mata.

  3. Hanya masukan Cara cungkil serpihan yg ada d mata, pakai ujung pojoknya duit kertas yg msh baru/msh kaku. Kalau pakai ujung jarum terlihat extreem

  4. Kalau dibiarkan apakah bisa hilang sendiri gramnya atau ada evek samping untuk kedepannya ? Saya juga kena gram di bola mata tapi saya obati dengan tetes mata dan minum neuralgin rasa nyeri dan pegalnnya hilang…

  5. Pak 4 hari lalu syarat sdh operasi kecil keklinik untuk ambil serpihan Gerinda skrg kurleb sdh ada 2 Minggu tp mata sy klo kena sinar lampu atau pantulan matahari mata saya kok mesti silau,panas,nyeri gitu pak…klo untuk kesembuhan total biasanya brp Minggu/bulan?

  6. Ane dulu jg pernah ngalamin seperti yg admin tulis. Hampir 1 minggu nggak sembuh" Ahirnya saya bawa ke dokter buat ngangkat gram yg nancep di mata. Buat biyayanya sekitar 400rbuan itu belom termasuk obatnya.

  7. Saya udah 3 x serpihan grenda nancap di mata saya. Saran saya yg alami aja bro. Percaya sama nggaknya di cobak aja. Klo mau tidur tetesin aja Makai (asi)air susu ibu. Mintak sama ibuk yg lagi menyusui. Pakek selembar daun sirih. Tapi izin dulu bro sama yg punya asi. Auto besok pagi serpihannya kluar.Gak ada epek samping. logikanya asi kan kalo udah lama jadi kental. Dan bisa mengangkat kotoran di mata. Dan jadi daging yg bisa menutupi mata yg terluka.

  8. 3 hari yg lalu mata ane kena percikan gerinda besi, tepat di bola matanya yg hitam nancap kayaknya, ane kasih tetes mata, ane coba ambil pakek kain jg gak berhasil (tidak bergeser sama sekali) ada yg nyaranin jg pakek magnet jg gaga. Akhirnya setelah 3 hari nyerah pergi ke dokter sepesialis mata, ane penasaran pakek apa ngambilnya, ternyata alat untuk mengangkat percikan gerindanya sederhana, persis seperti diartikel (pakek jarum suntik) tapi dokter pakek alat kaca pembesar. Biayanya jg lumayan hampir 500 ribu.

Artikel Terkait